Peluncuran Jenggo, Buku yang Membawakan Pesan Toleransi pada Anak

    SHARE
    Peluncuran Buku Jenggo di Togamas Affandi, Yogyakarta, Sabtu (17/11/2018)

    Jenggo Ayam Jago yang Sombong, buku ketiga yang merupakan buku terakhir dari rangkaian seri Buku Toleransi diluncurkan pada Sabtu (17/ 11/ 2018) di Togamas Affandi. Buku anak yang ditulis oleh Sekar Sosronegoro dengan penerbit Buah Hati ini mengajarkan tentang keragaman dan pentingnya memiliki empati terhadap sesama.

    Buku yang berkisah tentang seekor ayam jago bernama Jenggo ini digambarkan secara apik dengan menggandeng Mira Tulaar sebagai ilustrator. Berlanjut dengan kisah Jenggo, si ayam jago yang merasa terancam dengan kehadiran kambing ini, kemudian berkonfilik hingga akhirnya tersadar akan pentingnya sikap adil terhadap sesama.

    Pengambilan topik empati ini didasari oleh keprihatinan akan intoleransi yang mengancam anak-anak.
    “Dari Jenggo, anak dapat belajar salah satu hal penting dalam bertoleransi, yaitu kemampuan untuk memahami apa yang dirasakan dan dialami oleh orang lain,” tulis Sekar dalam siaran persnya.

    Buku ini mendapatkan respon positif dari masyarakat dan juga para penggiat toleransi dan pendidikan. Bahkan Mira Lesmana mengatakan kisah Jenggo relevan karena mememotret realitas keragaman dan konflik yang terjadi di masyarakat. Najelaa Shihab, pendidik dan pendiri Keluarga Kita, pun menyampaikan bahwa buku ini akan menjadi kekuatan literasi sebagai strategi (pembelajaran).

    Lewat diluncurkan buku ini, Sekar juga berharap agar anak-abak dapat belajar berempati sejak dini sehingga mampu menghargai perbedaan yang ada di sekitar masyarakat. (*)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here